Advertise here

Sabtu, 16 Maret 2019


Setelah berhasil membuat rangkaian Arduino Baord dengan proteus, langkah selanjutnya adalah mengujinya untuk mengetahui apakah rangkaian yang anda buat berjalan dengan baik. Ikuti langkah-langkah berikut ini:
·       Download dan Install Arduino IDE hingga tuntas
·       Jalankan Arduino IDE

·       Klik File à Example à Basic à Blink
·       Klik File à Preference, ceklist compilation

·    Lakukan kompile dengan klik Sketch à Verify/Compile, tunggu beberapa saat hingga selesai
·     Perhatikan gambar yang di highlight, itu adalah directory temporary hasil kompile program arduino IDE, yang dicari adalah file dengan ekstensi *.hex yang akan dimasukan kedalam mikrokontroller.

· Buka aplikasi Proteus dan jalankan Arduino_board, klik ganda tepat di kotak Chip  ATMEGA328P, maka akan tampil jendela edit component. klik ikon folder pada program files selanjutnya browse direktori tempat diman file *.hex tadi berada.

·     Pada jendela workspace tambahkan komponen Resistor 220R dengan nama MINRES220R dan Dioda LED dengan nama LED-BIRG, hubungkan resistor 220R ke pin 13 dan ke Anoda LED, kemudian kutub Katoda LED dihubungkan ke ground. Untuk membuat ground klik kanan  jendela workspace – pilih Place – Terminal – Ground , Lihat gambar untuk lebih jelasnya

·    Tambahkan juga part COMPIM, ini digunakan untuk menampilkan komunikasi serial arduino.
·   Jalankan Simulator Proteus dengan klik button PLAY, perhatikan lampu LED, jika nyala dan  mati secara bergantian, maka simulasi anda berhasil.

Comments 0

Advetise banner