Advertise here

Sabtu, 16 Maret 2019



Saat ini board arduino menjadi populer dikalangan pencinta hardware MCU, dan tentunya membuat anda ingin belajar tau lebih banyak dan lebih dalam. 

Dalam proses belajar terutama belajar pemograman arduino yang diperlukan adalah pemahaman dan konsep pemograman yang matang, dan sering bagi pemula ketika program yang sudah disusun di upload ke board terjadi masalah yaitu program tidak sesuai dengan keinginan, terjadi kesalahan saat memasang hardware, hal-hal semacam ini dapat diatasi dengan melakukan simulasi terlebih dahulu agar kita dapat melakukan uji coba dan pencarian kesalahan pada saat melakukan pemograman sebelum program di upload ke board sebenarnya. 

Bagi  pemula tidak perlu takut untuk mencoba dengan simulasi, karena kesalahan wiring perangkat keras tidak akan merusak board yang sudah dibeli.

Untuk tahapan belajar kali ini software yang saya gunakan untuk simulasi adalah proteus 8.3 dari lab center electronic, anda dapat mencoba versi demo proteus secara gratis.

Sekarang  saatnya anda memulai belajar arduino dengan simulasi proteus. Tahapan demi tahapan akan saya jelaskan berikut ini:

·         Unduh Proteus versi demo pada link berikut https://www.labcenter.com/downloads/
·         Unduh Liblary proteus arduino di https://github.com/blogembarcadobr/Library/archive/master.zip
·         Liblary ini digunakan sebagai part arduino yang terdiri dari board arduino uno, arduino uno smd, arduino mega 2650, arduino nano, arduino lilypad.
·         Lakukan Installasi  Proteus yang telah di download tadi hingga selesai
·         Ekstrak file unduhan liblary arduino menggunakan software winzip atau winrar

  • Selanjutnya pilih semua file yang telah di ekstrak tadi dan di kopikan ke folder C:\Program Files\Labcenter Electronics\Proteus 8 Professional\LIBRARY
  • Setelah itu Jalankan Proteus yang telah sukses terinstall

  • Klik File – New dan isikan nama project yang dibuat adalah arduino_board.pdsrj, dan tekan tombol next – Next – Next sampai tampil jendela workspace

  • Setelah jendela workspace nampil seperti gambar

  • Selanjutnya klik Pick Devices  kemudian cari part Arduino (blog embarcado) – pilih SIMULNO UNO dan tekan tombol OK

  • Sekarang anda sudah dapat memassukan papan arduino kedalam workspace proteus dengan cara klik SIMULNO UNO pada P L Devices

  • Untuk membuat terminal pada jalur Input/Output Arduino klik  ikon terminal kemudian pilih  dan tempatkan terminal pada masing-masing jalur I/O Arduino kemudian hubungkan.
  • Beri nama pada masing-masing terminal dengan cara klik kanan jalur terminal pilih LBL Place Label Wire kemudian beri nama jalur tersebut pada kolom String sesuai dengan nama jalur pada I/O Arduino yaitu (0, 1, 2, 3....13, A0, A1...A5). Jika terdapat kesalahan dalam memberikan nama jalur, anda cukup klik edit label dan mengganti namanya dengan benar. Gambar dibawah ini merupakan rangkaian Arduino Board yang telah jadi




Comments 0

Advetise banner