Advertise here

Selasa, 05 Maret 2019

Setelah anda memasang arduino IDE dan memasang Board STM32F103C Blue pill, untuk pertama kalinya anda harus mencoba melakukan upload kode program kedalam sistem MCU STM32F103C. Jika anda menggunakan papan Blue Pill anda harus mengetahui bagaimana cara melakukan flashing?? 

Ada beberapa yang perlu anda lakukan. Yang pertama adalah menghubungkan papan blue pill dengan papan USB to Serial TTL FTDI, yang kedua adalah mengatur jumper boot 0 pada mode pemograman (flash) dan mode operasi. Perhatikan gambar


Pada saat operation mode jumper boot0 dan boot1 dihubungkan ke angka 0 atau jumper dibiarkan tidak di ubah seperti saat anda baru membeli dan membukanya dari kemasan. 

Ini artinya program yang sudah tersimpan kedalam memori flash akan dijalankan secara normal.


Pada saat Programming mode jumper boot0 dihubungkan ke angka1, sementara boot1 tetap pada posisinya. 

Ini artinya papan pengembangan anda siap menerima pemograman ketika anda menekan tombol reset satu kali.

Circuit Wiring
Tahapan selanjutnya adalah menghubungkan papan blue pill dengan modul USB to TTL Serial UART. Modul ini sangat penting karena merupakan interface komputer dengan papan pengembangan anda yang akan dilakukan pemograman. 

Diagram wiring seperti terlihat pada gambar dan koneksi pinnya seperti pada tabel


              Tabel Wiring Koneksi
USB TTL Modul
STM32 Blue Pill
GND
G
VCC
5V
RX
A9
TX
A10

Program
Buat project baru pada arduino IDE anda, dan kopikan program dibawah ini kedalam workspace arduino IDE

void setup() {
  // put your setup code here, to run once:
pinMode(PA13,OUTPUT);
}

void loop() {
  // put your main code here, to run repeatedly:
digitalWrite(PA13,LOW);
delay (500);
digitalWrite(PA13,HIGH);
delay (500);
}

Sebelum melakukan upload program, ada beberapa parameter yang anda harus atur sebelumnya, yang pertama menentukan tipe board yaitu “Generic STM32F103 series”, kedua Memilih port yang terdeteksi, ketiga adalah memilih upload methode ke Serial, dan ke empat memilih Programmer USBasp


Setelah ke empat parameter diatur, untuk mulai upload pastikan posisi jumper pada posisi programming mode, yaitu menghubungkan boot0 ke angka 1, setelah itu tekan tombol reset 1 kali. Klik upload tunggu hingga proses upload selesai 100%. 

Perhatikan lampu yang ada pada PC13 apakah berkedap kedip??, jika ya berarti anda sudah berhasil melakukan flashing program kedalam papan blue pill STM32F103C.

Jika terdapat masalah pada saat upload program yang pertama harus anda periksa adalah memastikan apakah driver USB to TTL Serial UART anda sudah terinstall dengan benar?, 

kedua berapa nomor  port serial yang terdeteksi ketika anda mencolok USB to TTL Serial UART ke komputer anda?, 

ketiga apakah wiring koneksi sudah dilakukan dengan benar?, 

ke-empat apakah  anda telah mengatur jumper boot0 ke posisi 1 dan menekan tombol reset?. 

Sumber referensi yang dijadikan penulis untuk memposting tulisan ini adalah https://circuitdigest.com/stm32-projects-and-tutorials.

Comments 0

Advetise banner